DEWAN PERWAKILAN RAKYAT PAPUA
  • Home
  • Profil
    • Profil Anggota DPRP Masa Jabatan 2019 -2024
    • Sejarah DPR Papua
    • Tupoksi DPR Papua
    • Tata Tertib DPRP
  • BAPEMPERDA
    • PRODUK HUKUM DPR PAPUA
    • RAPERDASI
    • RAPERDASUS
    • PERDASI
    • PERDASUS
  • Fraksi-Fraksi
    • Fraksi NASDEM
    • Fraksi DEMOKRAT
    • Fraksi PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN
    • Fraksi PARTAI AMANAT NASIONAL
    • Fraksi GOLONGAN KARYA
    • Fraksi GERINDRA
    • Fraksi Gabungan KEADILAN NURANI (F.KN)
    • Fraksi Gabungan BANGUN PAPUA
    • KELOMPOK KHUSUS
  • Alat Kelengkapan
    • Pimpinan DPRP
    • Komisi Komisi
      • Komisi I. BIDANG PEMERINTAHAN UMUM
      • KOMISI II. BIDANG EKONOMI
      • KOMISI III. BIDANG KEUANGAN DAN ASET DAERAH
      • KOMISI IV. BIDANG INFRASTRUKTUR DAN SUMBER DAYA ALAM
      • KOMISI V. BIDANG KESEJAHTERAAN RAKYAT DAN SOSIAL BUDAYA
    • Badan Musyawarah
    • Badan Anggaran
    • Badan Kehormatan
    • Panja
    • Pansus
  • Sekretariat
    • Profil Sekretariat DPRP
    • Gambaran Umum
    • Tugas Pokok, Fungsi dan Susunan Organisasi
    • Struktur Organisasi
    • Kepegawaian
    • PPID
    • Perpustakaan
  • OPINI
  • E-Aspirasi
  • Galeri
    • FOTO
    • VIDEO
  • Home
  • Profil
    • Profil Anggota DPRP Masa Jabatan 2019 -2024
    • Sejarah DPR Papua
    • Tupoksi DPR Papua
    • Tata Tertib DPRP
  • BAPEMPERDA
    • PRODUK HUKUM DPR PAPUA
    • RAPERDASI
    • RAPERDASUS
    • PERDASI
    • PERDASUS
  • Fraksi-Fraksi
    • Fraksi NASDEM
    • Fraksi DEMOKRAT
    • Fraksi PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN
    • Fraksi PARTAI AMANAT NASIONAL
    • Fraksi GOLONGAN KARYA
    • Fraksi GERINDRA
    • Fraksi Gabungan KEADILAN NURANI (F.KN)
    • Fraksi Gabungan BANGUN PAPUA
    • KELOMPOK KHUSUS
  • Alat Kelengkapan
    • Pimpinan DPRP
    • Komisi Komisi
      • Komisi I. BIDANG PEMERINTAHAN UMUM
      • KOMISI II. BIDANG EKONOMI
      • KOMISI III. BIDANG KEUANGAN DAN ASET DAERAH
      • KOMISI IV. BIDANG INFRASTRUKTUR DAN SUMBER DAYA ALAM
      • KOMISI V. BIDANG KESEJAHTERAAN RAKYAT DAN SOSIAL BUDAYA
    • Badan Musyawarah
    • Badan Anggaran
    • Badan Kehormatan
    • Panja
    • Pansus
  • Sekretariat
    • Profil Sekretariat DPRP
    • Gambaran Umum
    • Tugas Pokok, Fungsi dan Susunan Organisasi
    • Struktur Organisasi
    • Kepegawaian
    • PPID
    • Perpustakaan
  • OPINI
  • E-Aspirasi
  • Galeri
    • FOTO
    • VIDEO
No Result
View All Result
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT PAPUA

Gobay : Perubahan Skema Dana Otsus Jangan Korbankan Kepentingan Rakyat.

humasdprp by humasdprp
14 April 2022
in Berita Dewan
0
Gobay : Perubahan Skema Dana Otsus Jangan Korbankan Kepentingan Rakyat.

Ketua POKSUS DPRP Jhon NR Gobay

Jayapura, dpr-papua.go.id – Poksus DPR Papua minta Perubahan skema Dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk Provinsi Papua sesuai Undang – Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua agar tidak mengorbankan kepentingan rakyat Papua, “Tidak boleh ada pihak yang dikorbankan dalam perubahan ini, khususnya terkait 5 Program Urusan Bersama, yakni Kartu Papua Sehat (KPS), Beasiswa, Perumahan, BANGGA Papua dan Propek yang telah dan sedang jalan, jangan hilang atau harus ada proses penyesuaiannya dan dipastikan tidak terganggu oleh perubahan ini,” Tegas Ketua Kelompok Khusus DPR Papua Jhon NR Gobay kepada Humas DPR Papua, Rabu, (13/04/2022)

Dikatakan Gobay bahwa jika melihat skema perubahan dana Otsus itu, kurang lebih sama, bedanya semua dana Otsus diatur dan dibagi oleh Pemerintah Pusat. Pengaturan ini menunjukan bahwa dana Otsus akan sama dengan DAK Kementrian yang ditransfer dari Pemerintah Pusat,Untuk itu Poksus DPR Papua memberikan beberapa catatan terkait perubahan skema dana Otsus, “ Pertama yakni siapa yang akan mengawasi dana Otsus itu.Apakah DPR Papua atau DPR RI? Jika DPR Papua, apakah tiap tahun DPR Papua akan mendapatkan laporan pengalokasian dan realisasi dana Otsus dari Pemerintah Pusat karena Pemerintah Pusat bukan mitra DPR Papua. Kedua, bagaimana masyarakat bisa mengetahui dana Otsus itu? Ketiga, sanksi bila melanggar ketentuan yang ditetapkan?. Keempat, pembukuan dan pembahasan dana Otsus jika tidak dipisah, maka akan sama sama sulit diawasi perencanaan dan pelaksanaannya dan Kelima, kapan dana ini akan ditransfer? Jika dana Otsus mulai ditransfer pertengahan tahun atau akhir tahun, ya apa yang mau kita capai? Jika catatan diatas tidak diperhatikan, maka perubahan skema pun tidak berdampak signifikan,”Paparnya

Lebih jauh dikataka Gobay bahwa sesuai amanat Undang Undang Nomor 2 tahun 2021, penggunaan dana Otsus 2022 dibagi menjadi dua bagian, yaitu Dana Otsus Spesific Grant dan Dana Otsus Block Grant. Dan menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (kemenkeu)  dana Otsus Spesific Grant akan dianggarkan. Dana tersebut akan digunakan untuk membiayai urusan pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.Selanjutnya, untuk dana Otsus Block Grant tersebut, alokasi dana itu akan digunakan untuk pembangunan, pemeliharaan dan pelaksanaan pelayanan publik. Sekaligus untuk peningkatan kesejahteraan Orang Asli Papua (OAP), penguatan lembaga adat, serta hal lain berdasarkan kebutuhan dan prioritas daerah.” Apakah yang luar biasa dari skema baru dana Otsus, apakah Papua selama ini salah membagi ataukah waktu transfer dari Pemerintah Pusat  dan transparansi akibat tidak adanya pemisahan pembukuan dan pembahasan dana Otsus dengan dana lainnya yang selama ini menjadi masalah,” Tanyanya

Bahkan Gobai juga mempertanyakan bahwa sejak Gubernur Lukas Enembe menerbitkan Perdasus Nomor 25 Tahun 2013 ini, sudahkah para bupati membuat Peraturan Bupati sesuai Pasal 11 Perdasus No 25 tahun 2013 untuk mengalokasikan dana?, “Ataukah tergantung TPAD di Kabupaten/Kota  dan Dana Otsus dimasukan sebagai sumber pendapatan. Semoga dalam pengaturan baru hal ini, tidak terulang lagi sehingga ada patokan dan standart yang jelas untuk penggunaan dana tersebut,” Pungkasnya.

Sekedar diketahui bahwa menyusul adanya perubahan skeman penyaluran Dana Otsus Papua Tahun 2022 ini belakangan ini muncul berbagai permasalahan, seperti di RSUD Jayapura terjadi masalah terkait layanan kesehatan bagi Orang Asli Papua (OAP) melalui Kartu Papua Sehat (KPS). Pasalnya, dana Otsus untuk KPS itu, mengalami penurunan signifikan, dimana tahun 2022 ini, RSUD Jayapura hanya mendapatkan anggaran Rp 5 miliar saja, sedangkan tahun 2021 anggaran KPS mencapai Rp 36 miliar.Managemen RSUD Jayapura memprediksi bahwa anggaran KPS itu, hanya mampu melayani 3 bulan saja, sedangkan 9 bulannya, mereka terpaksa mensiasati dengan memilah pasien misalnya orang asli Papua yang bekerja sebagai PNS, TNI dan Polri, maka akan menggunakan BPJS Kesehatan.

Selain itu, sejumlah mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di luar negeri seperti di Amerika Serikat, beberapa di antaranya terpaksa cuti kuliah. Ini terjadi karena universitas tempat mereka belajar tidak memberi toleransi bagi mahasiswa yang tidak membayar biaya studi.

Demikian juga persoalan yang sama terjadi di BPSDM Papua, dimana berdasarkan data Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua, total 355 mahasiswa aktif penerima Beasiswa Pemprov Papua belum dibayarkan biaya kuliah oleh Pemerintah Provinsi Papua akibat keterlambatan pencairan dana Otsus tahap pertama. Rincian dari 355 mahasiswa itu masing-masing 204 mahasiswa di Amerika Serikat, 68 mahasiswa di Australia, 7 mahasiswa di Jepang, 17 mahasiswa di Kanada, dan 59 mahasiswa di Selandia Baru. (Anderson/Tim Humas DPRP)

Previous Post

Jhony Banua Rouw : Momen Puasa Diharapkan Terus Memupuk Toleransi Antar Umat Beragama di Papua.

Next Post

Komisi V DPR Papua Temui Menpora Bahas Pemanfaatan Venue Pasca PON XX Papua.

Next Post
Komisi V DPR Papua Temui Menpora Bahas Pemanfaatan Venue Pasca PON XX Papua.

Komisi V DPR Papua Temui Menpora Bahas Pemanfaatan Venue Pasca PON XX Papua.

Berita Terkini

  • RPJMD PROVINSI PAPUA THN 2025-2029. 23 Januari 2025
  • Anggota DPR Provinsi Papua Selatan Konsultasi ke DPR Papua. 23 Desember 2024
  • Keluarga Besar DPR Papua Gelar Natal dan berbagi kasih. 23 Desember 2024
  • Rapat Paripurna DPR Papua,Pengumuman Pimpinan Definitif DPR Papua. 11 Desember 2024
  • Tim Kerja penyusunan Tata Tertib DPR Papua 11 Desember 2024

No Telp Penting

  • Polres Jayapura Kota (0967) 534161
  • Brimob Polda Papua (0967) 581259
  • Polsek Jayapura Utara (0967) 541862
  • Polsek Jayapura Selatan (0967) 534125
  • Polsek KP3 Laut (0967) 533934
  • Polsek Abe (0967) 581110
  • Polsek Muara Tami 082399158888
  • Polres Jayapura / Sentani (0967) 595110
  • Pemadam Kebakaran (0967) 531113
  • Kantor Basarnas (0967) 591093

Alamat Gedung DPR Papua

Jl. DR. Sam Ratulangi No. 2
Jayapura – Papua
Telp. (0967) 533691 – 533580 -523854
Fax (0967)531922
PO. Box.18

© 2019 Humas DPRP

No Result
View All Result
  • Home
  • Profil
    • Profil Anggota DPRP Masa Jabatan 2019 -2024
    • Sejarah DPR Papua
    • Tupoksi DPR Papua
    • Tata Tertib DPRP
  • BAPEMPERDA
    • PRODUK HUKUM DPR PAPUA
    • RAPERDASI
    • RAPERDASUS
    • PERDASI
    • PERDASUS
  • Fraksi-Fraksi
    • Fraksi NASDEM
    • Fraksi DEMOKRAT
    • Fraksi PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN
    • Fraksi PARTAI AMANAT NASIONAL
    • Fraksi GOLONGAN KARYA
    • Fraksi GERINDRA
    • Fraksi Gabungan KEADILAN NURANI (F.KN)
    • Fraksi Gabungan BANGUN PAPUA
    • KELOMPOK KHUSUS
  • Alat Kelengkapan
    • Pimpinan DPRP
    • Komisi Komisi
      • Komisi I. BIDANG PEMERINTAHAN UMUM
      • KOMISI II. BIDANG EKONOMI
      • KOMISI III. BIDANG KEUANGAN DAN ASET DAERAH
      • KOMISI IV. BIDANG INFRASTRUKTUR DAN SUMBER DAYA ALAM
      • KOMISI V. BIDANG KESEJAHTERAAN RAKYAT DAN SOSIAL BUDAYA
    • Badan Musyawarah
    • Badan Anggaran
    • Badan Kehormatan
    • Panja
    • Pansus
  • Sekretariat
    • Profil Sekretariat DPRP
    • Gambaran Umum
    • Tugas Pokok, Fungsi dan Susunan Organisasi
    • Struktur Organisasi
    • Kepegawaian
    • PPID
    • Perpustakaan
  • OPINI
  • E-Aspirasi
  • Galeri
    • FOTO
    • VIDEO

© 2019 dpr-papua.go.id